Saturday 4 February 2017

Mengenal Jurusan Teknik Perkapalan

Mengenal Jurusan Teknik Perkapalan - Apa itu Teknik Perkapalan/Naval Architecture? Naval Architecture adalah ilmu yang mempelajari tentang kapal atau bangunan terapung yang berkaitan dengan perencanaan dan pengembangan. Nah karena adanya perencanaan maka harus ada architeknya.
Apa itu Teknik Perkapalan/Naval Architecture? Naval Architecture adalah ilmu yang mempelajari tentang kapal atau bangunan terapung yang berkaitan dengan perencanaan dan pengembangan. Nah karena adanya perencanaan maka harus ada architeknya.adi tugas seorang arsitek yaitu dari membuat bentuk desain lambung dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal selesai untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal transportasi laut.  Apa saja sih keahlian selama kuliah di Jurusan Teknik Perkapalan Naval Architecture?  Keahlian yang diberikan kepada siswa termasuk keterampilan perencanaan kapal yang juga mencakup teori pembangunan kapal, seperti: hidrostatik, stabilitas, trim, peluncuran dan lain-lain.   Serta keahlian di bidang kekuatan, struktur dan teknologi pengembangan dan perbaikan kapal, serta keahlian tambahan lainnya. Untuk itu, ada beberapa bidang keahlian yang dapat ditempati oleh Mahasiswa dari Teknik Perkapalan/Naval Architecture. Bidang keahlian meliputi: Teknik Perencanaan, Konstruksi dan Kekuatan, Hidrodinamika dan Teknik Produksi Kapal.  Prospek Lulusan Naval Architecture?  Nah ini yang paling penting, bagaimana prospek Lulusan Naval Architecture. Pengalaman Pribadi setelah empat tahun kuliah di sana, bidang yang bisa diambil oleh lulusan Teknik Perkapalan yaitu:  Surveyor  Surveyor di Badan Klasifikasi Nasional (BUMN) seperti BKI, Sucofindo, dan Surveyor Indonesia atau Badan Klasifikasi Asing seperti LR, BV, GL, DNV, NKK, dan masih banyak lainnya.  Owner Surveyor  Owner Surveyor: Kapal survei sedang dibangun di galangan kapal, sehingga kemudian pemilik surveyor sebagai wakil pemilik di galangan kapal, pemilik misalnya surveyor di Pertamina dan seluruh kapal bangunan perusahaan di galangan kapal  Engineer  Bisa di industri maritim atau Minyak Dan Gas, Fabrikasi, Engineering Company, serta EPC (Engineering Procurement Construction) dll.  dan masih banyak profesi yang berasal dari lulusan teknik perkapalan lainnya seperti QC/QA di galangan, Welding Inspector dll.
Jadi tugas seorang arsitek yaitu dari membuat bentuk desain lambung dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal selesai untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal transportasi laut.


Apa saja sih keahlian selama kuliah di Jurusan Teknik Perkapalan Naval Architecture?

Keahlian yang diberikan kepada siswa termasuk keterampilan perencanaan kapal yang juga mencakup teori pembangunan kapal, seperti: hidrostatik, stabilitas, trim, peluncuran dan lain-lain. 

Serta keahlian di bidang kekuatan, struktur dan teknologi pengembangan dan perbaikan kapal, serta keahlian tambahan lainnya. Untuk itu, ada beberapa bidang keahlian yang dapat ditempati oleh Mahasiswa dari Teknik Perkapalan/Naval Architecture. Bidang keahlian meliputi: Teknik Perencanaan, Konstruksi dan Kekuatan, Hidrodinamika dan Teknik Produksi Kapal.


Prospek Lulusan Naval Architecture?

Nah ini yang paling penting, bagaimana prospek Lulusan Naval Architecture. Pengalaman Pribadi setelah empat tahun kuliah di sana, bidang yang bisa diambil oleh lulusan Teknik Perkapalan yaitu:


Surveyor

Surveyor di Badan Klasifikasi Nasional (BUMN) seperti BKI, Sucofindo, dan Surveyor Indonesia atau Badan Klasifikasi Asing seperti LR, BV, GL, DNV, NKK, dan masih banyak lainnya.


Owner Surveyor

Owner Surveyor: Kapal survei sedang dibangun di galangan kapal, sehingga kemudian pemilik surveyor sebagai wakil pemilik di galangan kapal, pemilik misalnya surveyor di Pertamina dan seluruh kapal bangunan perusahaan di galangan kapal


Engineer

Bisa di industri maritim atau Minyak Dan Gas, Fabrikasi, Engineering Company, serta EPC (Engineering Procurement Construction) dll.

dan masih banyak profesi yang berasal dari lulusan teknik perkapalan lainnya seperti QC/QA di galangan, Welding Inspector dll.